111. Sekilas tentang dzikir

Rasulullah Saw bersabda :

ﺍَﻟﺬِّﻛْﺮُ ﻧِﻌْﻤَﺔٌ ﻣِﻦَ ﺍﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ ﻓَﺎَﺩُّﻭْﺍ ﺷُﻜْﺮَﻫَﺎ

" Dzikir adalah nikmat yang datangnya dari Allah, maka tunaikanlah dzikir tersebut sebagai bentuk rasa syukurmu kepada-Nya".

Dalam buku Tasawuf Irfani, maqamat terdiri dari empat maqam:

1. Maqam al Syari‟ah terdiri dari al Taubah, al Taqwa, dan al istiqamah.
2. Maqam al Tariqah terdiri dari al Ikhlas, al Shidqu dan al Tuma‟ninah.
3. Maqam al Haqiqah terdiri dari al Musyahadah dan al Muraqabah.
4. Maqam al Ma‟rifah terdiri dari al Ridha, al Mahabbah dan al Ittihad (penyatuan Tuhan dan hamba dalam bentuk baqqa billaah fana filah)

(وَأَمَّا حَقِيْقَةُ الْفَنَاءِ وَالْبَقَاءِ) فَالْفَنَاءُ سُقُوْطُ الْأَوْصَافِ الْمَذْمُوْمَةِ، وَالْبَقَاءُ وُجُوْدُ الْأَوْصَافِ الْمَحْمُوْدَةِ. فَمَتَى بَدَلَ الْعَبْدُ أَوْصَافَهُ الْمَذْمُوَمَةَ فَقَدْ حَصَلَ لَهُ الْفَنَاءُ وَالْبَقَاءُ. وَالْفَنَاءُ اِثْنَانِ: (أَحَدُهُمَا) مَا ذَكَرْنَاهُ وَهُوَ بِكَثْرَةِ الرِّيَاضَةِ (وَالثَّانِيْ) عَدَمُ الْإِحْسَاسِ بِعَالَمِ الْمَلَكُوْتِ، وَهُوَ بِالْاِسْتِغْرَاقِ فِيْ عَظَمَةِ الْبَارِي وَمُشَاهَدَةِ الْحَقِّ. (جامع الأصول في الأولياء، 172)

Adapun hakikat fana’ dan baqa’. Fana’ adalah hilangnya sifat-sifat yang hina, dan baqa’ adalah wujudnya sifat-sifat yang terpuji. Ketika seorang hamba (sâlik) mengganti sifat-sifatnya yang hina, maka tercapailah baginya fana’ dan baqa’. Fana’ ada 2 macam; pertama sebagaimana yang telah kami sebutkan yaitu dengan memperbanyak riyadhah (olah batin, tirakat; jawa) kedua, tidak adanya pengindraan terhadap ‘alam malakut, yaitu dengan menenggelamkan diri dalam keagungan Allâh Sang Pencipta, dan musyahadah (seakan melihat) Allâh Yang Haq, (Jâmi’ al-Ushûl fi al-Auliyâ’, halaman: 172, lihat juga di dalam kitab al-Risâlah al-Qusyairiyah, halaman: 67).


Dzikir juga disebutkan menjadi barometer (tolak ukur) nya Syukur kepada Allah.

Dijelaskan didalam hadits Qudsi :

“Idza dzakartani syakartani wa idza nasyaitani kafartani”

“Kalau kamu ingat kepada Ku, kamu syukur kepada Ku, dan jika kamu lupa kepada Ku, kamu kufur kepada Ku”.

Syekh Ahmad Shohibul Wafa Tajul 'arifin r.a.

Fungsi Talqin Dzikir

ﻗﻞ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﺃﺣﻤﺪ ﺻﺎﺣﺐ ﺍﻟﻮﻓﺄ ﺗﺞ ﺍﻟﻌﺎﺭﻓﻴﻦ :

ﺗَﻠْﻘِﻴْﻦُ ﺍﻟﺬِّﻛْﺮِ ﻟِﺒَﻌْﺾِ ﺃَﻫْﻞِ ﺍﻟﺪُّﻧْﻴَﺎ ﻭَﺍﻟْﻤَﻨَﺎﺻِﺐِ ﻭَﺍﻟْﺄَﺷْﺮَﺍﻑِ ﻭَﺍﻟْﻤَﻜَﺎﺳِﺐِ ﻭَﺍﻟﺼَّﻨَﺎﺀِـﻊِ ﻭَﺍﻟْﻤَﻠَﺎﺡِ ﻭَﺍﻟﺘُّﺠَﺎﺭِ ﻭَﺍﻟﺮَّﻋِﻲْ ﻭَﺍﻟْﻘَﺮَﻭِﻱِّ ﻋَﻠَﻰ ﻃَﺮِﻳْﻖِ ﺍﻟﺘَّﺒَﺮُﻙِ ﻭَﻃَﺮْﺩِ ﺍﻟْﻐَﻔْﻠَﺔِ ﻋَﻦِ ﺍﻟْﻘَﻠْﺐِ ﺍﻟَﻘَﺴِﻲْ ﻭَﺗَﻜْﻔِﻴْﺮِ ﺍﻟﺬُّﻧُﻮْﺏِ ، ﻭَﺍﻟﺘَّﺨَﻠُﺺِ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﺒَﻠَﺎﻳَﺎ ، ﻭَﺍﻟﻨَّﺠَﺎﺓِ ﻣِﻦْ ﺃَﻧْﻮَﺍﻉِ ﺍﻟْﻤَﻜَﺎﺭِﻩِ ﻭَﺍﻟﺴُّﻮْﺀِ ﻭَﺍﻟﻨِّﻘْﻤَﺔِ ﺣَﺘَّﻰ ﻳَﻨْﺼَﻘِﻞَ ﻓَﻴَﺨْﺸَﻊَ ﻭَﻳُﻨِﻴْﺐَ ﺇِﻟَﻰ ﺩَﺍﺭِ ﺍﻟْﺨُﻠُﻮْﺩِ ، ﻭَﻳَﺘَﺎﺟَﺎﻓَﻰ ﻋَﻦْ ﺩَﺍﺭِ ﺍﻟْﻐُﺮُﻭْﺭِ

" Talqin dzikir untuk sebagian orang yang kaya harta (konglomerat), para pejabat, orang-orang terhormat, profesonal, industriawan, pelaut, pedagang, pengembala, dan orang kampung, untuk tabaruk (mengambil Barokah), untuk mengusir lalai dari hati yang keras, mengapus dosa-dosa, terhindar dari bahaya, selamat dari berbagai hal yang tidak diinginkan dan petaka, sehingga hatinya bening mengkilap, khusyu’ dan lebih memperhatikan lagi negri akhirat yang "Abadi ..

Postingan populer dari blog ini

31. 40 KAIDAH FIQIH UMUM (KULLIYAH)

68. KIFAYATUL AWAM